Cara Menghadapi Nilai E di Transkrip Kuliah


Gagal di salah satu mata kuliah dan mendapatkan nilai E bukanlah akhir dari segalanya. Meskipun tidak mengharapkan hal itu, tetapi kamu harus siap agar bisa segera mengubah nilai tersebut menjadi A.

Dilansir dari Collegelife About, beberapa waktu lalu, berikut beberapa cara menghadapi kegagalan di satu mata kuliah.

1. Pelajari dampak akademis yang akan kamu hadapi
Setelah mengalami kegagalan, kamu bisa memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya. Misalnya, apakah kamu masih memenuhi syarat untuk mengikuti mata kuliah selanjutnya, apakah kamu harus mengulang mata kuliah di semester depan, apakah kamu perlu mengambil kelas tambahan, dan sebagainya. Pikirkan dengan baik konsekuensi tersebut.

2. Pelajari dampak finansial
Gagal pada suatu mata kuliah pasti akan berpengaruh terhadap finansial. Apalagi, jika kamu mendapatkan bantuan pendidikan dari pihak kampus. Kamu harus memastikan apakah kegagalanmu tersebut memengaruhi bantuan finansial yang diberikan kampus.

3. Jujur terhadap diri sendiri mengenai alasan kegagalan
Suatu kegagalan pasti ada penyebabnya. Saatnya kamu introspeksi diri mengenai penyebab kegagalan tersebut. Misalnya, kamu terlalu banyak pesta, terlalu banyak main, terlambat mengumpulkan tugas, tidak cukup belajar, dan alasan-alasan lainnya. Mengetahui penyebab kegagalan akan membantumu untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan tersebut.

4. Beritahu orangtua atau orang lain
Saat mengalami kegagalan kamu bisa merasa stres. Berbagi cerita dengan orang lain akan membuatmu merasa lebih tenang. Dukungan dari orang-orang terdekat bisa memotivasi dirimu untuk tidak melakukan kesalahan lagi.

5. Bangkit dan terus maju
Mengalami kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Kamu harus bisa bertahan dan bangkit dari keterpurukan. Jadikan kegagalan tersebut sebagai pelajaran hidup untuk menjadi orang yang lebih baik lagi.


news.okezone.com