Universitas Islam Antarabangsa Malaysia


Universitas Islam Antarabangsa Malaysia atau lebih dikenal dengan nama International Islamic University Malaysia (IIUM). Berikut ini, adalah informasi umum mengenai Universitas tersebut yang dikutip dari acehmail.com dan persyaratan untuk masuk ke IIUM, program studi yang ditawarkan, batas waktu untuk memasukkan aplikasi, biaya kuliah, masa kuliah dan beasiswa.

BAGAIMANA CARA DAN APA PERSYARATAN UNTUK MENDAFTAR DI IIUM ?

Syarat Umum:
  1. Daftar online melalui web UIA (http://itdportal.iium.edu.my/anr/Online07/). Web IIUM bisa diakses diwww.iium.edu.my
  2. Biaya proses aplikasi RM75.00 atau sekitar Rp280,000.00 sampai dengan Rp300,000.00 sesuai dengan kurs yang berlaku.
  3. Fotocopy ijazah dan nilai UAN yang telah dilegalisir.
  4. Fotocopy paspor dari halaman identitas sampai 6 halaman berikutnya masing-masing 4 lembar.
  5. Pasphoto warna ukuran paspor 4 lembar.
  6. Fotocopy buku bank orang tua yang terkini atau financial statement. (Contoh financial statement terlampir)
  7. Dokumen pendukung lainnya baik rekomendasi dari sekolah, rekomendasi dari salah satu lembaga Keislaman baik MUI setempat, Muhammadiyah, NU, DDI mahupun lembaga lainnya, sertifikat penghargaan baik kegiatan akademik ataupun ektra kurikuler.
  8. Informasi berkaitan dengan pengisian aplikasi online seperti: a. Email pelamar. b. Alamat pelamar dan ortu. c. Nama kedua ortu. d. Nomor hp pelamar dan ortu. e. Jumlah gaji ortu dan berapa orang tanggungan. f. Nama tanggungan ortu. g. Personal Statement (contoh terlampir)


Untuk pendaftaran secara online, KGG akan membantu anda untuk melakukannya jika semua informasi yang diperlukan dalam nomor 8 di atas sudah ada.
Syarat untuk Bahasa:

Bahasa pengantar dalam kuliah di IIUM adalah Bahasa Inggris dan Bahasa Arab, tergantung pada jurusan atau program studi yang dipilih oleh mahasiswa. Untuk jurusan yang memakai bahasa Inggris sebagai pengantarnya, maka calon mahasiswa harus memenuhi syarat berikut;
Memiliki nilai TOEFL minimal 550; atau
Memiliki nilai IELTS minimal 6.0

Kalau tidak ada nilai TOEFL atau IELTS maka mahasiswa ini bisa ikut tes bahasa yang diadakan oleh IIUM yang dinamakan English Placement Test (EPT) di mana nilai minimal yang harus diraih adalah 6.0. Kalau mendapat nilai 6.0 mahasiswa bisa terus kuliah, kalau nilai bahasa belum mencukupi maka mahasiswa diharuskan ikut program bahasa Inggris yang diadakan oleh IIUM.

Untuk jurusan yang pengantarnya memakai bahasa Arab maka mahasiswa harus ikut tes bahasa yang dinamakan Arabic Placement Test (APT). Kalau mahasiswa tersebut mendapat nilai minium 6.0 maka dia boleh terus kuliah. Kalau tidak, maka dia harus ikut program bahasa Arab yang diadakan oleh IIUM.

APA PROGRAM STUDI YANG DITAWARKAN OLEH IIUM ?
IIUM menawarkan beragam program studi pada berbagai Fakultas antara lain:
1. Faculty of Information and Communication Technology;
2. Faculty of Engineering;
3. Faculty of Economics and Management Sciences;
4. Faculty of Languages and Management;
5. Institute of Education;
6. Faculty of Science;
7. Faculty of Medicine;
8. Faculty of Pharmacy;
9. Faculty of Nursing;
10. Faculty of Allied Health Sciences;
11. Faculty of Architecture and Environmental Design;
12. Faculty of Islamic Revealed Knowledge and Human Sciences;
13. Ahmad Ibrahim Kulliyyah of Laws;

KAPAN WAKTU PENDAFTARAN DAN SESI KEMASUKAN/KULIAH DI IIUM ?
Februari: batas terakhir memasukkan aplikasi adalah 1 Desember
Juni: batas terakhir memasukkan aplikasi adalah 1 April
September: batas terakhir memasukkan aplikasi adalah 1 Juli
Aplikasi yang dimasukkan setelah batas waktu yang ditentukan akan diproses untuk kemasukan sesi/semester berikutnya.

BERAPA LAMA DURASI KULIAH S1 DI IIUM ?
Durasi kuliah di IIUM berkisar antara 3.5 – 4 tahun tergantung pada kemampuan mahasiswa tersebut masing-masing.

BERAPA BIAYA KULIAH UNTUK PROGRAM S1 DI IIUM ?
Biaya kuliah ini berbeda-beda antara satu fakultas dengan fakultas yang lain. Di sini saya akan mengambil sampel untuk Fakultas Ekonomi.
  1. Biaya Daftar Ulang (Sekali saja ketika mulai masuk ke IIUM) RM585.00
  2. Biaya Kuliah per semester RM3,750.00. Dengan asumsi kuliah selama 4 tahun atau 8 semester maka total biaya kuliah adalah RM30,000.00
  3. Biaya Asrama per semester RM612.50. Dengan asumsi kuliah selama 4 tahun atau 8 semester maka total biaya asrama adalah RM4,900.00
  4. Biaya Akademik per semester (Pustaka, Lab/Studio, Ko-Kurikuler dll) RM192.50. Dengan asumsi kuliah selama 4 tahun atau 8 semester maka total biaya ini adalah RM1,540.00
  5. Biaya Asuransi per tahun RM300.00. Total untuk 4 tahun adalah RM1,200.00.

Maka perkiraan biaya yang diperlukan selama 4 tahun adalah RM38,255.00 atau lebih kurang Rp.142,316,808.00 sesuai dengan kurs hari ini RM1=Rp.3,720.21

Biaya ini tentunya tidak termasuk biaya hidup selama kuliah di IIUM. Biaya hidup ini berbeda antara satu mahasiswa dengan mahasiswa yang lain. Berdasarkan pengalaman kawan-kawan yang kuliah selama ini rata-rata mahasiswa mengeluarkan biaya sebesar RM500.00 per bulan untuk keperluan konsumsi, komunikasi dan keperluan lainnya.

APAKAH ADA PROGRAM BEASISWA UNTUK MAHASISWA BERPRESTASI DI IIUM ?
IIUM menyediakan berbagai beasiswa untuk mahasiswa yang berprestasi tinggi. Beasiswa prestasi ini sangat kompetitif, peluang mendapatkannya tergantung pada mahasiswa itu sendiri apakah dia bisa menunjukkan prestasi akademik yang tinggi. Kalau prestasi akademinya tinggi, mahasiswa tersebut akan mendapatkan beasiswa baik dari IIUM mahupun dari berbagai institusi yang lain setelah melalui proses wawancara yang diadakan oleh pihak terkait di IIUM.

IIUM juga menyediakan bantuan keuangan kepada mahasiswa yang kurang mampu. IIUM melalui Divisi IIUM Endowment Fund akan melakukan seleksi secara ketat untuk memberikan bantuan kepada mahasiswa yang kurang mampu secara finansial. Bantuan yang diberikan biasanya meliputi diskon uang kuliah, bantuan biaya hidup, bantuan lainnya seperti menyediakan peluang kerja part-time dalam kampus untuk membantu mahasiswa yang membutuhkannya.