Beasiswa S-1 hingga S-3 di China University



China University of Mining and Technology (CUMT) membuka beasiswa S-1 hingga S-3 bagi para pelajar internasional. Kampus ini memberikan beasiswa penuh dan sebagian bagi penerimanya.

Program beasiswa ini terdiri dari dua jenis, yakni kelas A dan kelas B. Beasiswa ini juga menyediakan satu tahun belajar bahasa China. Pelamar beasiswa bisa memilih seluruh jurusan yang ditawarkan CUMT.

Pelamar haruslah bukan warga negara China dan sudah diterima di CUMT dengan catatan prestasi akademis baik. Pelamar harus menyertaka dua surat rekomendasi dari dosen atau atasan di perusahaan.

Sejak 2013, CUMT telah mengeluarkan beasiswa senilai 5 juta yuan atau setara dengan Rp10,1 miliar untuk menarik mahasiswa berprestasi melanjutkan studi di CUMT. Beasiswa diberikan selama masa studi dan dapat diperpanjang berdasarkan hasil evaluasi kampus.

Karena itu, para penerima beasiswa harus menyadari bahwa mereka tidak bisa gagal dalam mata kuliah apa pun. Rata-rata nilai akademis mereka juga harus mencapai angka 75 dari 100 atau merupakan peringkat 50 persen teratas semua mahasiswa internasional.
Beasiswa dapat digunakan untuk membayar seluruh atau sebagian biaya kuliah, biaya tempat tinggal dan biaya kebutuhan kuliah lainnya. Dana beasiswa nantinya akan ditransfer langsung ke rekening mahasiswa setiap bulan, kecuali Februari dan Agustus.

Beasiswa ini terdiri dari dua tingkatan:

Kelas A: 20 ribu yuan (Rp40,6 juta) per tahun untuk mahasiswa program sarjana, 22 ribu yuan (Rp44,7 juta) per tahun untuk mahasiswa program magister dan 24 ribu yuan (Rp48,8 juta) per tahun untuk mahasiswa program doktor.

Kelas B: 8.000 yuan (Rp16,2 juta) per tahun untuk mahasiswa sarjana, 9.000 yuan (Rp18,3 juta) per tahun untuk mahasiswa program magister, 10 ribu yuan (Rp20,3 juta) per tahun untuk mahasiswa program doktor.

Pendaftaran dilakukan secara online hingga 20 Juni 2015. Seleksi dilakukan berdasarkan prestasi akademis pelamar dan penilaian khusus lainnya dari komite beasiswa CUMT. Sementara itu, hasil penerimaan akan diumumkan oleh International College selambat-lambatnya pada 1 Juli 2015.

Dokumen pendaftaran yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
- Formulir pendaftaran beasiswa CUMT untuk mahasiswa internasional;
- Formulir pendaftaran mahasiswa internasional;
- Personal statement (500 kata);
- Pernyataan pendaftaran pendapatan keluarga, ditulis dalam bahasa China atau Inggris;
- Pemeriksaan kesehatan resmi untuk warga negara asing;
- Salinan kartu identitas atau paspor yang masih berlaku;
- Transkrip akademik asli dan salinan ijazah;
- Dua surat rekomendasi; dan
- Daftar prestasi akademis atau penghargaan lain yang dapat mendukung lamaran.

Perlu diingat, semua transkrip akademis yang disebutkan di atas harus asli. Semua dokumen dalam bahasa selain China atau Inggris harus disertai dengan terjemahan dan diaktakan dalam kedua bahasa tersebut.

Informasi lengkap silakan simak laman China University of Mining and Technology (CUMT) di http://www.sicas.cn


Sumber: okezone.com