Skill Wajib untuk Bekal Kuliah


Satu hal yang pasti, masa kuliah jauh berbeda dengan masa sekolah. Apalagi jika kita menjalaninya dengan hidup jauh dari keluarga. Karena itulah, kita wajib menguasai beberapa skill dasar sebagai bekal kuliah.

Pasalnya, tidak akan ada lagi ibunda yang menyiapkan makan atau mencuci dan menyeterika baju kita. Tidak akan ada lagi ayahanda yang mengantar jemput kita ke sekolah atau membantu kita keluar dari masalah.

Berikut ini beberapa skill dasar yang wajib dikuasai sebelum memulai kuliah dan hidup jauh dari orangtua, seperti disitat dariCampus Grotto.

Mencuci
Mulai sekarang, coba deh, belajar mencuci di rumah baik menggunakan mesin cuci atau manual dengan tangan. Kemampuan ini penting dimiliki karena tidak semua rumah kos memiliki fasilitas laundry. Selain itu, mencuci sendiri juga akan menghemat pengeluaran kita.

Menyeterika dan merapikan baju
Setelah baju-baju bersih, maka kini saatnya belajar menyeterika dan merapikan baju. Mulai saja dengan pakaian-pakaian rumah seperti kaos dan celana pendek. Jika sudah menguasai kemampuan menyeterika, maka baju kuliah kita akan senantiasa rapi.

Memakai dasi
Nah, kemampuan ini biasanya diperlukan mahasiswa laki-laki. Siapa tahu ada acara kampus yang mengharuskan kita memakai pakaian resmi lengkap dengan dasi.

Parkir secara paralel
Terkadang, kampus seperti mal yang tidak memiliki lahan cukup untuk parkir sehingga kita harus memarkir kendaraan secara paralel.

Memulai percakapan
Ketika kecil, orangtua kita sering melarang berbicara dengan orang asing. Nasihat ini ada benarnya. Tetapi, sebagai mahasiswa, kini saatnya kita belajar memulai percakapan dengan orang asing mengingat banyaknya teman baru dari berbagai daerah. Jadi, terbukalah, tersenyum dan bersiap membuka percakapan dengan mahasiswa baru lainnya di kampus.

Pola makan sehat
Karena kita tidak akan memiliki akses kepada makanan sehat buatan ibunda di rumah, maka mulai sekarang saatnya membiasakan diri dengan pola makan sehat. Seimbangkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh sesuai prinsip empat sehat lima sempurna.

Teratur
Mahasiswa yang sukses adalah mereka yang teratur dan mempersiapkan diri dengan baik. Saat ini sudah banyak aplikasi pada smartphone yang dapat membantu kita mengatur berbagai jadwal kuliah, tugas dan kegiatan lain.

Belajar
Tantangan akademis selama kuliah bisa jadi sangat besar. Sayangnya, tidak banyak mahasiswa yang tidak mengetahui cara belajar efektif. Mulai sekarang, cari tahu metode belajar apa yang paling sesuai dengan diri kita agar hasilnya maksimal.


Sumber:okezone.com