Universitas Terbuka Solusi Kuliah Jarak Jauh


Universitas Terbuka adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menerapkan sistem belajar terbuka dan jarak jauh. Sistem belajar ini terbukti efektif untuk meningkatkan daya jangkau dan pemerataan kesempatan pendidikan tinggi yang berkualitas bagi semua warga negara Indonesia, termasuk mereka yang tinggal di daerah-daerah terpencil, baik di seluruh nusantara maupun di berbagai belahan dunia

Sejak diresmikan pada tahun 1984, Universias Terbuka (UT) mendapatkan mandat dari pemerintah untuk memberikan kesempatan yang sangat luas kepada semua warga negara Indonesia, baik yang baru lulus SLTA maupun yang sudah bekerja untuk mengikuti pendidikan tinggi tanpa memandang latar belakang sosial, ekonomi, umur, dan tempat tinggal mereka. Sistem pembelajaran UT memungkinkan belajar yang fleksibel kepada mereka yang menginginkan untuk mengikuti sistem pendidikan tinggi dengan metode jarak jauh.

Kelebihan UT:
  1. Tidak ada pembatasan jangka waktu penyelesaian studi dan tidak memberlakukan sistem drop out;
  2. Tidak ada pembatasan, baik tahun kelulusan ijazah SLTA maupun umur;
  3. Waktu pendaftaran (registrasi) leluasa sepanjang tahun, dan bisa secara online.
  4. Ruang, waktu, dan tempat belajar yang fleksibel sesuai dengan kondisi mahasiswa;
  5. Penggunaan materi belajar multimedia, termasuk bahan belajar cetak baik yang dilengkapi dengan kaset audio dan video/CD, CD-ROM, siaran radio dan TV, maupun bahan belajar berbasis komputer dan internet.
  6. Biaya Kuliah yang murah


Universitas Terbuka memiliki 35 Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke, meliputi Program Magister (S2), Program Sarjana (S1), Program Diploma (D1, D2, D3, dan D4), dan Program Sertifikat. Itulah yang menjadikan jumlah Mahasiswa UT saat ini berjumlah lebih dari 460.000. Karena UPBJJ-UT inilah, mahasiswa UT dari berbagai daerah tidak perlu repot-repot pergi ke kantor pusat untuk masalah registrasi atau pembelian bahan ajaran (modul), menyelesaikan berbagai informasi dan solusi tentang administrasi perkuliahan UPBJJ-UT inilah yang akan menangurusnya.

Sistem registrasi UT sangat sederhana. Untuk menjadi mahasiswa UT, calon mahasiswa cukup mengikuti langkah berikut:

  • membeli berkas registrasi pertama pada kantor Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) terdekat;
  • mengisi formulir registrasi;
  • membayar SPP pada Bank yang ditunjuk dengan menggunakan Tanda Bukti Setor UT (TBS-UT);
  • mengembalikan formulir registrasi beserta berkas persyaratan (termasuk TBS-UT) ke UPBJJ-UT terdekat dengan diserahkan sendiri atau dikirim melalui pos. Untuk kemudahan mahasiswa, UT sedang memfinalkan aplikasi registrasi secara online melalui www.ut.ac.id.


Semua mahasiswa di seluruh pelosok Indonesia bahkan warga negara Indonesia yang berada di luar negeri dapat mengikuti sistem belajar terbuka dan jarak jauh yang telah diterapkan di Universitas Terbuka. Sistem belajar jarak jauh yang ditawarkan UT telah direalisasikan dengan baik melalui website UT yaitu www.ut.ac.id.

Sumber: