Empat Rahasia Ujian TOEFL


Sukses ujian Test of English as Foreign Language (TOEFL) enggak bisa diraih dalam semalam. Butuh perjuangan dan persiapan panjang. Selain itu, kamu perlu juga tahu beberapa rahasia ujian TOEFL.

Rahasia bagian Reading
Kamu enggak perlu mengetahui semua kata di bahan bacaan untuk bisa menjawab pertanyaan. Tetapi, kamu bisa membiasakan diri dengan berbagai kosa kata kunci yang bisa kamu pelajari dari berbagai buku teks.

Ketika berlatih, jangan andalkan kamus. Ketika harus menjawab pertanyaan, berkonsentrasilah pada area bacaan yang mengandung pertanyaan tersebut. Teliti paragraf tersebut, baca pertanyaannya, kemudian baca kembali teks untuk mencari informasi detail yang bisa menjawab pertanyaan ujian.

Pertanyaan biasanya muncul berurutan sesuai informasi yang ditampilkan di bahan bacaan. Umumnya akan ada pertanyaan tentang ide utama suatu teks. Kemudian, biasanya akan muncul juga pertanyaan tentang kosa kata yang muncul dari setiap bacaan. Pertanyaan lainnya lebih terperinci dari berbagai informasi di dalam teks. Demikian seperti dilansirEnglish Club, beberapa waktu lalu

Rahasia bagian Listening
Ketika berlatih untuk bagian mendengarkan (listening) adalah jangan memutar CD latihan lebih dari sekali. Pada ujian sesungguhnya, kamu akan mendapat satu kesempatan untuk mendengar semuanya. Jadi, kamu harus melatih telingamu untuk mendengarkan sepenuhnya sejak kali pertama.

Berlatihlah mendengarkan berbagai ide utama, perbandingan dan informasi-informasi kunci. Ketika ujian, jangan melihat lagi jawaban yang telah kamu pilih. Kamu tidak dapat mengubahnya.

Rahasia bagian Speaking
Tidak apa-apa merasa ragu sejenak sebelum memberikan respon atas pertanyaan di bagian speaking (berbicara). Tetapi, kamu tetap harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk menjawab pertanyaan tersebut. Dan jika memiliki sisa waktu, kamu bisa menyimpulkan jawaban dalam pernyataan singkat.

Nilaimu akan berkurang jika cara pengucapanmu (pronounciation) tidak sempurna. Jadi, sebaiknya jangan gunakan istilah-istilah yang sulit diucapkan. Penguji juga akan mengurangi nilai ujian TOEFL. jika kamu menggunakan kosa kata atau ungkapan yang kurang tepat. Jadi, pastikan kamu mengetahui berbagai penggunaan ekspresi sesuai konteksnya jika ingin menggunakannya dalam ujian.

Rahasia bagian Writing
Hal terpenting adalah menjaga tulisanmu tetap simpel dan jelas. DalamInternet Based TOEFL (iBT), kamu tidak akan memiliki akses untuk mengecek kesalahan ejaan. Jadi, sebaiknya jangan gunakan kosakata dan tanda baca yang membuatmu ragu.
Selain itu, sempatkan waktu untuk merencakan esaimu sebelum mulai menulisnya. Memiliki outline akan menghemat waktumu.

Ketika berlatih menulis esai, temukan format yang membuatmu nyaman. Gunakan format tersebut setiap latihan. Misalnya, argumenmu mungkin selalu muncul di paragraf ketiga pendahuluanmu. Atau, kamu mungkin selalu mengakhiri simpulan dengan pertanyaan.
Pastikan juga untuk menggunakan banyak contoh yang mendukung esaimu. Kata dan frase transisi akan membuat tulisanmu lebih mudah dibaca. Saat ujian, selalu sempatkan mengecek kembali apa yang telah kamu tulis.


news.okezone.com