7 Sekolah Bisnis Terbaik di Dunia


Majalah The Economist mengeluarkan daftar tahunan mengenai sekolah bisnis terbaik di dunia. Daftar tersebut mengulas mengenai beberapa sekolah bisnis yang memiliki kredibilitas paling baik. Alumni lulusan sekolah tersebut mampu mendapat pekerjaan dengan gaji tinggi.

Penilaian Majalah Economist didasarkan pada beberapa faktor seperti kesempatan berkarir, pengembangan diri hingga peningkatan pendapatan yang didapat oleh alumninya. Mayoritas kampus di Amerika Serikat mampu menempati peringkat atas.
Dilansir dari Business Insider, Kamis beberapa waktu lalu :

1. Booth School of Business
University of Chicago, Amerika Serikat
Peringkat pertama ditempati oleh Booth School of Business di University of Chicago. Selain di Amerika Serikat, universitas ini juga memiliki kampus di London dan Asia. Alumni dari universitas ini memiliki peringkat paling baik dalam segi pengembangan diri dan pengalaman studi.

2. Kellogg School of Management
Northwestern University, Amerika Serikat
Kampus ini telah mencetak lebih dari 3.500 alumni yang tersebar di seluruh dunia. Program MBA di kampus ini telah dimulai sejak tahun 1965.

3. Darden School of Business
University of Virginia, Amerika Serikat
Peringkat ketiga ditempati oleh Darden School of Business di University of Virginia. Mereka yang menuntut ilmu disini diharuskan untuk belajar menggunakan kurikulum ketat dengan topik yang beragam.

4. Harvard Business School
Harvard University, Amerika Serikat
Mahasiswa yang bersekolah di sini bisa menikmati lebih dari 80 klub mahasiswa yang tersedia. Harvard Business School telah mampu mencetak berbagai pebisnis handal sebagai alumni seperti Michael Bloomberg, Mitt Romney, hingga presiden George W. Bush.

5. Graduate School of Business
Stanford University, Amerika Serikat
Sekolah bisnis di Standford University ini merupakan salah satu kampus yang paling susah dimasuki. Hanya 6,5 persen pelamar yang mampu diterima menjadi mahasiswa di universitas ternama ini.

6. Tuck School of Business
Dartmouth College, Amerika Serikat
Alumni dari kampus ini mampu bekerja untuk beberapa nama perusahaan besar seperti Goldman Sachs dan Barclays Capital. Alumni yang baru lulus mampu mendapat gaji awal hingga US$ 123.900 atau Rp 1,6 miliar.

7. Haas School of Business
University of California at Berkeley, Amerika Serikat
Kampus ini menerima mahasiswa dari latar belakang yang berbeda-beda. Tahun lalu 37 persen mahasiswa disini merupakan mahasiswa internasional. Selain itu, 36 persen dari mereka pun berasal dari golongan minoritas.


Pernah tayang di liputan6.com