Persiapkan Kuliah Sejak Sekolah

alumnieropa.org

Persiapan kuliah sebaiknya dilakukan sedini mungkin, misalnya sejak masih sekolah di bangku SMA. Pasalnya, transisi dari sekolah ke kuliah bisa jadi masa yang paling sulit dijalani.

Nah, jika kamu anak SMA yang berencana melanjutkan studi ke perguruan tinggi, tips berikut ini dapat membantumu mempersiapkan diri untuk kuliah.

Bicara dengan guru pembimbing
Langkah ini perlu dilakukan jika kamu masih bingung harus memilih kampus dan jurusan apa untuk kuliah. Guru bimbingan dan konseling akan memberikan saran tentang persiapan belajar apa saja yang perlu dilakukan serta pertimbangan jurusan dan kampus apa yang perlu dipilih sesuai dengan rencana kariermu.

Ujian SAT
Ini adalah ujian yang perlu diambil siswa SMA jika ingin meneruskan studi ke perguruan tinggi asing. Tes SAT adalah tes standar yang digunakan di Amerika Serikat untuk pendaftaran universitas, tetapi juga semakin sering digunakan di banyak sekolah Singapura (misalnya SMU). Sebelumnya kepanjangan SAT adalah Scholastic Aptitude Test.

Persiapan mengikuti ujian ini bisa dilakukan dengan membeli buku kumpulan soal hingga mengikuti kelas persiapan ujian SAT untuk meraih nilai minimal yang dipersyaratkan.

Kunjungi kampus
Enggak ada salahnya juga mengunjungi kampus idaman meski masih sekolah. Melalui kunjungan ini, kita bisa mengetahui pasti bagaimana kondisi kampus tersebut. Jika perlu, kunjungi kantor informasi kampus dalam kunjungan tersebut untuk bertanya berbagai hal seperti sistem pendidikan, kehidupan mahasiswa dan informasi penting lainnya.
Informasi-informasi tersebut juga bisa didapatkan melalui website resmi perguruan tinggi atau berbagai pameran pendidikan.

Kegiatan ekstrakurikuler
Pastikan kamu aktif mengikuti berbagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Aktivitas ini juga penting karena panitia seleksi perguruan tinggi akan menilai keaktifan siswa di sekolah selain prestasi akademis mereka. Siswa berprestasi akan menjadi aset berharga bagi kampus.

Bantuan finansial
Pertimbangkan juga bagaimana kamu akan membayar kuliah. Jika orangtua mampu membiayai studimu, maka hal ini tidak akan jadi masalah. Namun jika tidak, maka ada baiknya untuk mencari bantuan finansial seperti beasiswa kuliah. Saat ini pemerintah memberikan beasiswa melalui program Bidikmisi. Selain itu, banyak kampus juga memberikan beasiswa, baik penuh maupun sebagian.


Sumber: news.okezone.com